Rabu, 08 Oktober 2014

Kebudayaan dan Ciri khas Kota Pasuruan

          A. TARI TRADISIONAL KHAS PASURUAN
1.     TERBANG BANDUNG
Terbang Bandung merupakan ajang pergelaran kesenian yang dikompetisikan atau dapat diartikan kompetisi terbang dengan dilengkapi sepasang kedencong (kendang kembar) dan dilengkapi dengan sebuah jidor.
Tari Terbang Bandung adalah drama tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan pperkembangan dari seni Hadrah, tari ini dimainkan oleh dua atau lebih grup "terbang" yang dipentaskan secara bersamasama, istilah "bandung" berarti "Banding"
Drama Tari Terbang Bandung merupakan perbandingan perminan instrumen, kecakapan menari dan kemegahan tata busana antara dua grup terbang yang sedang bertanding.

2.    TARI GENDRONG
Tari gendrong adalah tari yang pemainnya semua wanita. Tari ini adalah tari kreasi yang terinspirasi dari tari Terbang Bandung.
3.    TARI NING PASARUANG
Tari ini berasal dari pasuruan. Ning Pasaruang mempunyai arti. Ning adalah sebutan khas perempuan dikota pasuruan. Dengan keanggunannya, lemah lembut tetapi tetap  energik dan mewarisi semangat juang pahlawan untung suropati kebanggaan masyarakat kota Pasuruan Dan pasaruang adalah sebutan Kota Pasuruan itu sendiri.

            B. MAKANAN KHAS PASURUAN
     Makanan adalah salah satu potensi yang selalu berkembang di Kota Pasuruan. Ada beberapa makanan khas dari kota santri ini, yaitu:
1.    KUPANG
Makanan ini adalah makanan yang berisi lontong, lento dan cabe rawit. Makanan ini berwarna kecoklatan dan biasanya dihidangkan hangat saat sore hingga malam hari. Makanan ini dapat dijumpai di pinggir jalan atau kadang keliling di komplek perumahan.
2.    RAWON
Makanan ini juga makanan khas dari Pasuruan. Biasanya rawon berisi daging dan kuah yang sangat hitam. Hitam dari kuahnya itu berasal dari salah satu rempah-rempah yaitu kluek. Makanan ini biasanya didampingi dengan krupuk udang, tempe goreng, sambal dan sate komo. Makanan ini banyak dijumpai di mana-mana, salah satunya R. M. Sakinah.
3.    BIPANG
Bipang ini adalah makanan ringan khas Pasuruan. Bentuknya seperti beras yang bergerumbul. Tetapi rasanya sangat manis, dan tersedia berbagai rasa. Ada Bipang hijau, merah, biru, dan putih. Kemasannya pun bermacam-macam. Ada yng kecil, sedang dan besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar